Step 2 : Perancangan dan Implementasi Pembuatan Database dan Tabel

PMB Online
PMB Online

2.1 Pendahuluan
Inti dari step ke-2 ini adalah kita akan bersama-sama merancang basisdatanya,yaitu membuat database dan tabel yang dibutuhkan.saya yakin anda juga sudah tahu tentang database dan lainnya.
2.2 Perancangan Database untuk Sistem PMB
2.2.1 Database yang digunakan
PMB ini nantinya akan menggunakan dua versi yaitu versi Desktop dan Mobile,namun database yang digunakan cukup 1 database saja.database yang akan dibuat disini saya menggunakan nama "sipmbdb"
Untuk perancangan tabelnya nanti ini agak berbeda dari cara biasanya. disini saya akan memberikan cara yang kreatif.Tabelnya sendiri sekitar 20-an semua saling berelasi.Terutama di tabel pendaftaran nanti.
2.2.2 Merancang Tabel Admin
Tabel admin berguna untuk menyimpan data username dan password yang dimiliki oleh pengelola sistem ini, alias sering disebut "Administrator" langkah untuk merancangnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka localhost/phpmyadmin
  2. Create New Database , beri nama sipmbdb.
  3. Create New Table on database simpmbdb. nama tabel yang dibuat admin Rancangannanya adalah sebagai berikut :
  4. Sekarang insert data dan jika sudah berada dihalaman phpmyadmin,caranya sangat mudah sekali.kalau anda dari IT pasti sudah tau caranya.Silakan insert data sesuai kebutuhan anda.Tinggal Klik tabel admin yang barusan dibuat , lalu klik tab menu Insert.kalau sudah di insert tinggal diisi dan klik GO
2.2.3 Merancang Tabel Pendaftaran
Tabel pendaftaran ini digunakan untuk menyimpan data pendaftaran mahasiswa.
Pendaftaran merupakan proses inti dalam sistem ini.nah. inilah cara kreatif yang harus anda pahami.didalam tabel pendaftaran ini nantinya banyak field yang berisi id-id saja.hal ini dilakukan dengan tujuan penghematan memori dalam database pada saat penyimpanan data pendaftaran,karena yang disimpan kebanyakan hanya 1 bit saja, yaitu idnya.nantinya id ini akan nge-reference ke id yang sesuai.Berikut adalah rancangan Pendaftarannya :

2.2.4 Merancang Tabel Jenis
Tabel jenis ini digunakan untuk mendefinisikan jenis kelamin yang ada.Rancangan tabel jenis adalah sebagai berikut:

Field J_ID yang ada di tabel pendaftaran tadi nge-reference ke j_id yang ada di tabel jenis ini.sehingga nanti saat query dijalankan,program dapat mengetahui jika j_id nya 1 itu nama jenisnya apa.mari kita insert 2 data saja di tabel tersebut
2.2.5 Merancang Tabel Agama
Tabel Agama ini digunakan untuk mendefinisikan agama yang ada di option list (pilih agama) saat melakukan pendaftaran.nah a_id yang ada di tabel pendaftaran tadi juga nge-reference ke a_id yang ada di tabel agama ini.
Rancangan Tabelnya seperti berikut :
Setelah itu langsung saja kita buat master data agama ke tabel agama tersebut.Dalam hal ini karena ada 6 pilihan agama,maka kita harus menginputkan data sebagai berikut:

2.2.6 Merancang Tabel Jurusan_smu
Tabel jurusan_smu ini digunakan untuk mendefinisikan jurusan yang ada di option list (pilih jurusan) saat melakukan pendaftaran .nah Js_ID yang di tabel pendaftaran tadi juga ngereference ke js_id yang ada di tabel jurusan_smu ini.Rancangan tabelnya seperti berikut:
Setelah itu langsung saja kita buat master datanya juga ke tabel jurusan_smu tersebut.Dalam hal ini ada 6 pilihan jurusan,maka kita  harus menginputkan 6 data sebagai berikut
2.2.7 Merancang Tabel Kabupaten & Provinsi
Tabel kabupaten ini digunakan untuk mendefinisikan nama-nama kabupaten yang ada diseluruh indonesia.tentunya berdasarkan provinsi yang sebelumnya sudah dipilih oleh mahasiswa saat melakukan pendaftaran lewat sistem ini.
jadi,k_id yang ada di tabel pendaftaran tadi juga nge-reference ke k_id yang ada di tabel kabupaten ini.
Rancangan tabelnya seperti berikut:
untuk pembuatan master datanya kalian isikan sendiri karena ada 453 kabupaten. jadi gamungkin saya tulis disini , bisa tambah banyak nanti artikel ini dan kalian pasti malas membacanya =D
Rancangan Tabel Provinsi sebagai berikut :
sama halnya dengan pembuatan master data , kalian isikan sendiri karena ada begitu banyak provinsi di indonesia
2.2.8 Merancang Tabel Warga,Jurusan,Jurusan2,Info,Tempat,Syarat,Gelombang,Status,Status Admin,pmb_config
Tabel-Tabel yang disebutkan diatas sebenarnya struktur tabelnya sama semua hanya terdiri dari 2 field saja,yaitu id dan nama saja.Penjelasannyapun juga sama dengan yang dijelaskan disebelumnya di tabel jenis/tabel agama/tabel jurusan_smu diatas.Pada intinya ditabel pendaftaran itu ada id yang nge-reference ke masing-masing tabel yang idnya sesuai dengan id yang ada di tabel pendaftaran tersebut.mungkin anda akan bertanya "Selain untuk penghematan memori,kenapa sih di tabel pendaftaran banyak sekali field yang berisi id-id saja ? jadi kan banyak relasinya" hmm... pertanyaan bagus. oke saya akan menjawab , hal tersebut kita lakukan untuk mempermudah kita dalam membuat program & sql query nantinya juga agar di phpmyadmin nya terlihat lebih rapi.

Subscribe Untuk Mendapatkan Info Terbaru Dari Kami Lewat Email:

Tidak Ada Tanggapan Untuk "Step 2 : Perancangan dan Implementasi Pembuatan Database dan Tabel"

Post a Comment